Parade Perayaan Lahirnya Reich Ketiga


Partai Nazi merayakan Fuhrer Mereka Yang Menjadi Kanselir Jerman
Suasana mencekam terlihat pada sore hari tanggal 30 Januari 1933 di kawasan sekitar Gerbang Brandenburg di Berlin. Ribuan orang yang ada ditempat itu menunggu dengan perasaan berdebar-debar saat pengumuman pengangkatan Adolf Hitler sebagai Kanselir Jerman yang baru.
Sementara itu, suasana juga mencekam di kantor Kepresidenan Hidenburg. Adolf Hitler, pria yang dalam seluruh karir politiknya selalu mencela dan berusaha untuk menghancurkan Republik Weimar, sekarang menjadi kepala pemerintahannya dan sedang diambil sumpahnya sebagai Kanselir Jerman yang baru.

"Saya akan menggunakan kekuatan saya untuk menyejahterakan rakyat Jerman, melindungi Konstitusi dan Hukum Jerman, bersungguh-sungguh melaksanakan tugas yang dibebankan kepada saya, dan melakukan tugas-tugas saya tanpa memihak dan adil kepada semua orang,"

Setelah bersumpah, dengan mata sembab Adolf Hitler muncul dari istana kepresidenan sebagai kanselir baru, ia dielu-elukan oleh para pendukungnya,mereka yang hanya percaya kepada-nya, bukan percaya kepada konstitusi atau republik Jerman."Kita sudah berhasil!" Hitler bersorak kepada mereka. 

Suasana di Brandenburger Tor 30 Januari 1933
Suasana di Brandenburger Tor 30 Januari 1933
Acara puncak disiapkan pada jam 7 malam. Obor mulai dinyalakan dan 25.000 orang dari Garda SA melakukan pawai melewati Gerbang Brandenburg. Mereka membawa obor menyanyikan lagu Hörst Wessel dan berbaris melewati Gerbang Brandenburg menyusuri sepanjang Wilhelmstrasse menuju istana kepresidenan. Para Polisi yang selama ini menangkapi dan memukuli mereka ketika mereka berbuat kerusuhan sekarang memakai ikat lengan Swastika dan tersenyum kepada mereka.Di mana-mana terdengar derap kaki sepatu bot dan tabuhan drum yang mengiringi garda SA berparade militer.

memberi hormat kepada Hindenburg
iring-iringan Memberi hormat kepada Hindenburg di jendela

Ketika sampai di Istana Kepresidenan ,mereka memberi hormat kepada Hindenburg yang saat itu juga menyaksikan pawai dari jendela Istana Kepresidenan. Lalu mereka menungggu pemunculan Hitler di istana Kekanseliran dalam sebuah adegan yang dipersiapkan dengan seksama oleh Joseph Goebbels. Sebuah lautan manusia yang memegang obor memantulkan kerlip-kerlip dari panji-panji Nazi yang mereka bawa yang didominasi oleh warna merah dan emas di tengah-tengah suara tabuhan drum dalam tempo lambat sebagai penantian pemunculan Hitler di hadapan pendukungnya.

Pria, wanita dan anak-anak bersama dengan Garda SA dan Garda SS menunggu. Hitler membiarkan mereka menunggu, agar ketegangan suasana semakin meningkat. Di seluruh Jerman, orang-orang mendengarkan perayaan ini juga di radio, menunggu, dan mendengar kerumunan orang menyerukan Führer mereka.
Ketika ia muncul dalam sinar lampu sorot, Hitler disambut dengan pujian pengagungan, sesuatu yang belum pernah terlihat sebelumnya di Jerman. Tidak dijamannya Bismarck, Frederick Agung, Kaiser, belum pernah terjadi hal yang semacam ini.

Hitler tampil di jendela kantor kanselir, disambut oleh para pendukungnya
Hitler tampil di jendela kantor kanselir, disambut oleh para pendukungnya

"Heil! Sieg Heil!," (Hiduplah Kejayaan !)
Sorakan orang-orang yang percaya bahwa saat pembebasan mereka telah tiba dalam diri pemimpin ini yang sekarang menatap ke bawah kepada mereka.
Hitler yang gembira dan sedang dimabuk kemenangan berkata : "No power on earth will get me out of here alive ,(Tak ada kekuasaan yang ada dibumi yang dapat menurunkan saya dari kekuasaan ini hidup-hidup) " perkataan ini akan terbukti dikemudian hari ketika ia mati bunuh diri.
Artikel Terkait

Ditulis kembali oleh
Perang Dunia 2

Henki Triswanto

Hanya tertarik pada Perang Dunia 2, apa yang telah saya pelajari,saya share-kan kembali, agar saya mendapat lebih banyak lagi....

Tag : Third Reich
0 Komentar untuk "Parade Perayaan Lahirnya Reich Ketiga"

Back To Top