Usaha-usaha Pembunuhan Yang Ditujukan Kepada Adolf Hitler

Banyak usaha yang sudah dirancang musuh-musuhnya untuk membunuhnya.
Berikut adalah daftar rencana pembunuhan yang ditujukan kepada Adolf Hitler :

November 1921
Lokasi: tidak diketahui
Suatu tembakan diarahkan pada Hitler setelah dia selesai berpidato .

Thübingen 1923
Lokasi: tidak diketahui
Suatu tembakan diarahkan pada Hitler dari arah kerumunan massa .

Berlin , Januari 1932
Lokasi: Hotel Kaiserhof
Makanan di meja Hitler diberi racun. Tidak ada yang ditangkap.
 


Kereta api 1932, 15 Maret
Lokasi: antara München dan Weimar
Orang yang tak dikenal menembak kereta api yang dinaiki Adolf Hitler.

Surat beracun 9 Februari 1933
Lokasi: tidak diketahui
Ludwich Assner,seorang mantan-komunis dan mantan Nazi dari Perancis, mengirim surat beracun kepada Hitler. Sebuah telegram dari seorang guru memperingatkan Hitler.

Bom, 4 Maret 1933
Lokasi: Königsberg
Karl Lutter dan beberapa anggota partai KPD ingin meledakkan Hitler, tapi mereka dikhianati dan ditangkap. Pada akhir tahun 1933 mereka dibebaskan karena kurangnya bukti.

Tag von Potsdam , 21 Maret 1933
Lokasi: Potsdamer Garnisonskirche
Sebuah terowongan ditemukan di bawah gereja di mana perayaan dari hari Potsdam akan diselenggarakan. Orang-orang yang membuat terowongan bermaksud meledakkan Hitler dan Hindenburg.

Berlin 1933
Lokasi: Old Reichskanzlei
Beppo Römer, seorang pemimpin komunis dan mantan Freikorps, datang ke Reichskanzlei. Ketika ia ditangkap mereka mengirimnya ke kamp konsentrasi Dachau. Pada tahun 1942 dia dibunuh.

Obersalzberg 1933
Lokasi: lokasi yang tepat tidak diketahui
Seorang pria dalam seragam SA dengan pistol datang ke kediaman Hitler (atau dekat itu) di Obersalzberg. Dia ditangkap.

Rosenheim 1933
Lokasi: jalan antara Rosenheim dan Obersalzberg
Setelah Hitler menjemput teman-temannya yang datang dari München di Rosenheim, orang yang tak dikenal menembak ke mobil Hitler, di suatu tempat di jalan antara Rosenheim dan Obersalzberg.

Bad Wiessee 1934
Lokasi: Jalan München-Bad Wiessee, lokasi yang tepat tidak diketahui
Setelah penangkapan Röhm sekelompok SA dikirim kembali ke München. Mereka mendirikan blokade jalan dengan senapan mesin di kedua sisi jalan. Hitler mengambil rute lain saat kembali ke München.

Berlin 1934
Lokasi: tidak diketahui
Sekelompok pria yang menamakan dirinya Helmuth Mylius sedang merencanakan serangan terhadap Hitler, tetapi mereka ditangkap.

Wien 1935
Lokasi: tidak diketahui
Komunis merencanakan serangan terhadap Hitler, Blomberg, Göring, Goebbels dan Hess.

Kelompok Markwitz 1935
Lokasi: tidak diketahui
Kelompok Markwitz ingin membunuh Hitler, tetapi Gestapo berhasil menyusup kedalam kelompok tersebut. Semua anggota kelompok itu tewas.

Rencana Strassers 1936
Lokasi: Wien dan Prag
Otto Strasser, seorang ultra sayap kanan nazi, ingin membunuh Hitler . Dia adalah pemimpin kelompok kecil yang disebut Schwarzen Front (Black Front).

Rencana Strassers (2) 1936
Lokasi: markas nazi Nürenberg
Seorang mahasiswa Yahudi dari Stuttgart bermaksud membunuh Hitler. Ia dikirim ke kantor pusat di Nürnberg dengan sebuah koper dengan bom di dalamnya. Pada bulan Desember 1936 ia ditangkap dan pada musim semi tahun berikutnya ia dibunuh.

Josef Thomas, 26 November 1937
Lokasi: Reichskanzlei Berlin
Seorang pria sakit mental yang bernama Josef Thomas dari Ebersfeld berlari disekitar di Reichskanzlei/istana kekanseliran . Dia ditangkap. Tak seorang pun pernah mendengar tentang dia lagi.

Sportpalast 1937
Lokasi: Sportpalast Berlin
Orang yang tidak dikenal menempatkan bom di speakersplatform dari Sportpalast. Dikatakan bahwa bom tersebut tidak meledak karena orang yang akan meledakkannya, entah karena apa, ia terjebak di toilet.

Maurice Bavaud 1938
Lokasi: lokasi yang tepat tidak diketahui
Maurice Bavaud seorang mahasiswa dari Swiss ingin membunuh Hitler. Pada 21 Oktober ia pergi ke Berlin, tetapi karena Hitler berada di Obersalzberg. Bavaud juga pergi ke sana. Hitler ternyata di München. Bavaud mulai membuat rencana untuk membunuh Hitler selama perayaan kudeta Nazi yang gagal di kota tersebut. Kerumunan orang yag terlampau banyak tidak mampu membuatnya menembak Hitler. Setelah upaya terakhir untuk mendekati Hitler juga gagal, ia kembali ke Swiss. Karena dia tidak memiliki tiket, ia ditangkap. Ketika Gestapo menanyainya, mereka menemukan senjata dan peta. Pada tanggal 14 Mei 1941 ia dieksekusi.

Kelompok Oster, 28 September 1938
Lokasi: tidak diketahui
Sekelompok konspirator dipimpin seorang pria yang bernama Oster merencanakan kudeta ketika tentara yang akan menyerbu masuk Cekoslowakia dimobilisasi. Ketika perjanjian internasional dicapai,dan Jerman mendapatkan Cekoslowakia secara damai, kelompok tersebut membubarkan diri.

Warsaw 1939
Lokasi: persimpangan Aleje Jerozolimskie - Nowy Swiat
Tentara Polandia ingin meledakkan mobil Hitler, ketika melintasi (sekarang disebut) lapangan Charles de Gaulles. Sebuah kesalahan manusia mencegah bom tersebut meledak.

General Kurt von Hammerstein-Equord, 10 September 1939
Lokasi: Siegfriedline
General Von Hammerstein-Equord ingin mengundang Hitler untuk datang ke daerahnya. Dia merencanakan suatu kecelakaan tragis akan menimpa Hitler selama kunjungan itu. Tetapi Hitler tidak pergi.

Kelompok Oster , 5 November 1939
Lokasi: unkown
Dua orang dari kelompok Oster yang disebut Halder dan Canaris tidak bisa menyepakati siapa yang akan membunuh Hitler, sehingga mereka tidak jadi melakukannya.

Serangan Georg Elser , 8 November 1939
Lokasi: Burgerbraukeller, München
Setelah persiapan setahun Elser menempatkan bom di dalam sebuah pilar di Burgerbraukeller. Hitler pergi sebelum bom meledak. Elser ditangkap di perbatasan Swiss. Lima hari kemudian dia mengaku dia yang menempatkan bom tersebut.

Kelompok Oster , 11 November 1939
Lokasi: Reichskanzlei
Seorang pria bernama Erich Kordt bersedia memberikan hidupnya untuk meledakkan Hitler di Reichskanzlei/istana kekanseliran, tetapi karena keamanan yang ekstra ketat setelah peristiwa serangan Elser, rencana tersebut tidak dapat dilaksanakan

Rencana NKVD 1939
Lokasi: Osteria Bavaria, München
Agen-agen NKVD Rusia menyelidiki kebiasaan Hitler untuk membunuhnya. Mereka berencana untuk meledakkan Hitler di restoran Osteria Bavaria. Ketika Jerman mencapai kesepakatan dengan Rusia rencana tersebut dibatalkan.

Paris, 27 Juli 1940
Lokasi: Champs-Elysées
Fritz Dietloff Graf Schulenburg dan Eugen Gerstenmaier ingin membunuh Hitler saat dia menaiki mobilnya selama parade direncanakan di Champs-Elysées. Parade ini tidak pernah terjadi, karena Hitler mengunjungi Paris beberapa hari sebelumnya.

Paris, 21 Mei 1941
Lokasi: tidak diketahui
Erwin von Witzleben mencoba mengundang Hitler untuk mengunjungi Paris, untuk membunuhnya.Tetapi Hitler tidak pernah datang.

Borisov, 4 Agustus 1941
Lokasi: markas Heeresgruppe (Grup tentara darat) Mitte
Anggota tentara Jerman, Tresckow dan Schlabrendorff, ingin menculik Hitler dan ,mengeksekusinya. Hitler pergi dari lapangan terbang Borisow menuju Markas Besar yang berjarak sekitar 4 km untuk bertemu Von Bock dan Guderian. Di sore hari ia kembali ke lapangan terbang untuk terbang kembali ke Wolfschanze. Tidak ada sesuatupun yang terjadi karena pengamanan yang ketat.

Orsja, 13 November 1941
(tidak terbukti dan tidak bisa dikonfirmasi)
Lokasi: tidak diketahui
Stalin mendengar dari dinas rahasia Inggris bahwa kereta api Hitler akan datang ke Orsja pada tanggal 13 November. Kereta api tersebut dibom ditempat itu. Tetapi Hitler tidak ada. Dia berada di Wolfschanze pada waktu itu. Cerita ini tidak pernah dikonfirmasi, tidak ada bukti tentang pengeboman tersebut.

Moskow 1941
Lokasi: tidak diketahui, tidak penting
NKVD membuat rencana untuk membunuh Hitler di Moskow setelah kota itu jatuh di tangan Jerman. Tetapi Moskwo tidak ernah jatuh ke tangan Jerman.

Polandia, 8 Juni 1942
Lokasi: kereta api antara Dirschau (Tczew) dan Konitz (Chojnice)
Ada cerita tentang para gerilyawan Polandia yang menggelincirkan kereta api Hitler. Mereka pikir itu kereta Hitler tapi ternyata tidak. Tak banyak yang yakin tentang cerita ini.

Pesawat Soviet 1942
Lokasi: Front Timur
Pesawat Soviet menembaki pesawat yang ditumpangi Hitler. Beberapa peluru menghantam pesawat.

Airfield Zaporozje, Februari 1943
Lokasi: kota sebelah timur
Ketika Hitler bertemu Manstein di Zaporozje, pilotnya sudah menunggunya di lapangan terbang. Tank-tank Rusia datang sangat dekat dengan lapangan terbang tersebut, tetapi karena mereka tidak memiliki cukup kekuatan dan karena mereka berpikir bahwa ada banyak tentara Jerman dengan persenjataan lengkap di daerah tersebut, mereka memutuskan untuk tidak menyerang. Ini jelas tidak dapat dihitung sebagai serangan terhadap Hitler.

Poltava 1943
Lokasi: Kantor Pusat Heeresgruppe (Grup tentara darat) B
Genral Hubert Lanz ingin menculik Hitler di Poltava, tetapi Hitler malah terbang ke Zaporosje pada tanggal 15 Februari 1943 untuk bertemu Fieldmarshall Von Manstein bukannya pergi ke Poltava.

Cointreau bom Maret 1943
Lokasi: Smolensk, markas Heeresgruppe (Grup tentara darat) Mitte
Tresckow meminta Kolonel Brandt untuk memasukan 2 botol minuman anggur (yang sesungguhnya adalah bom) kedalam pesawat yang akan ditumpangi Hitler. Akan tetapi bom itu tidak meledak sewaktu pesawat tersebut sedang mengudara karena ada masalah dengan pemicu ledaknya . Paket tersebut diambil alih lagi sewaktu pesawat tersebut tiba di Berlin.

Upaya lain Trescow 1943
Lokasi: Zeughaus, Unter den Linden, Berlin
Hitler ada di Zeughaus di Berlin untuk menonton persenjataan Rusia. Trescow menyuruh seorang perwira muda bernama Gersdorff untuk ke Zeughaus dengan membawa sebuah bom, dengan pemicu waktu yang disetel papda 10 menit. Tetapi Hitler berada di Zeughaus hanya dua menit bukan 20 menit seperti yang direncanakan, sehingga serangan itu dibatalkan.

Operasi 'München', musim semi / musim panas 1943
Lokasi: Führerhauptquartier (FHQ) Vinnitsa dan wilayah di sekitarnya
Agen-agen Rusia (NKVD) mencoba untuk mencari tahu kebiasaan- kebiasaan Hitler ketika dia berada di Vinnitsa, sehingga mereka bisa menculiknya. Tapi mereka terlambat memulainya :. Pada musim semi / musim panas 1943 Hitler ada disitu untuk terakhir kalinya pada Maret 1943 dan ia hanya datang kembali ke sana untuk kunjungan singkat pada tanggal 27 Agustus 1943 ,setelah itu FHQ hancur.

Stauffenberg 1943
Lokasi: tidak diketahui
Stauffenberg menemukan seorang perwira muda yang bersedia meledakkan dirinya dan Hitler di demonstrasi seragam tentara untuk musim dingin. Perwira muda tersebut Axel von Bussche tidak jadi melaksanakan niatnya karena Inggris telah mengebom hall tempat demonstrasi tersebut direncanakan.

Olga Tsjechova 1941-1943
Lokasi: tidak diketahui
Rencana untuk membunuh Hitler oleh aktris Olga Tsjechova tetapi tidak dapat dilakukan karena dia tidak memiliki banyak kontak dengan Hitler antara tahun 1941 dan 1943. Saat itu Hitler lebih banyak menghabiskan waktunya di Wolfschanze.

Operasi Foxley 1943
Lokasi: Obersalzberg
Agen-agen Inggris mengumpulkan banyak informasi tentang Hitler pada waktu dia ada Obersalzberg. Mereka ingin membawa penembak jitu ke bukit didekat tempat tersebut untuk menghabisinya.Ketika pada tahun 1944 menjadi sangat jelas bahwa Jerman akan kalah perang, operasi tersebut dibatalkan.

Egon Hanfstaengl, musim panas 1943
Lokasi: Obersalzberg
Egon Hanfstaengl, anak Putzi, menyampaikan sebuah rencana untuk membunuh Hitler di Obersalzberg. Roosevelt menolak rencana itu.

Porn-plan 1943
Lokasi: Obersalzberg
Sebuah rencana edan oleh beberapa tentara Amerika untuk menjatuhkan gambar-gambar porno disekitar Obersalzberg yang membuat para pengikut setia Hitler menjadi gila. Kolonel yang menjadi komandan para tentara tersebut mengatakan bahwa mereka adalah para maniak dengan rencana yang sinting.

Stauffenberg, 11 Februari 1944
Lokasi: (?) Berlin, demonstrasi seragam
Ewald Heinricht von Kleist bersedia untuk meledakkan Hitler pada saat demonstrasi seragam baru untuk tentara, tetapi Hitler tidak datang.

Rencana Trescow, 11 Maret 1944
Lokasi: Obersalzberg
Fieldmarshall Busch pergi ke Obersalzberg untuk sebuah rapat yang dihadiri oleh Hitler. Seorang pria bernama Breitenbuch datang bersamanya. Breitenbuch punya pistol yang penuh dengan peluru, tetapi pada saat terakhir mereka diberitahu oleh ajudan Hitler bahwa mereka tidak diperbolehkan masuk kedalam ruang pertemuan tersebut.

Operasi Hellhound, Juni 1944
Lokasi: Obersalzberg - Milan
Rencana dari Angkatan Udara Amerika untuk mengebom Obersalzberg.Rencana tersebut menjadi terlantar setelah ada diskusi yang panjang dengan Inggris. Hanya foto-foto Udara yang diambil dari sekitar daerah tersebut. Pada tanggal 4 November 1944 mereka mengebom sebuah hotel di Milan, karena ada informasi bahwa Hitler berada di sana pada saat itu. Ternyat Hitler ada di Wolfschanze pada saat itu.

Stauffenberg di Berchtesgaden, 6 Juli 1944
Lokasi: Berchtesgaden / Salzburg
Stauffenberg mencoba berbicara kepada seorang pria yang bernama Stieff untuk membawa koper dengan muatan bom ke sebuah pertemuan di Schloß Klessheim di Salzburg. Stieff menolak.

Stauffenberg di Berchtesgaden, 11 Juli 1944
Lokasi: Obersalzberg
Staauffenberg ingin membunuh Hitler tetapi Stieff menasihatinya untuk tidak melakukannya, karena Himmler tidak ada disana. Alangkah baiknya untuk membunuh mereka berdua.

Stauffenberg di Wolfschanze, 15 Juli 1944
Lokasi: Wolfschanze, pertemuan Hitler dengan Keitel
Stauffenberg membawa bom dalam tasnya pada waktu mengikuti rapat Hitler dengan Keitel. Bom itu tidak diaktifkan. Alasan untuk itu tidak jelas. Mungkin karena rapat yang singkat.

Stauffenberg di Wolfschanze (sarang serigala), 20 Juli 1944
Operasi Valkyrie
Lokasi: ruang rapat
Ketika menyiapkan bom, Stauffenberg lupa untuk menempatkan detonator ke dalam paket bahan peledak kedua dalam tas yang dia bawa ke dalam pertemuan dengan Hitler.Bom pertama meledak tapi Hitler selamat karena terlindungi oleh meja kayu yang tebal yang digunakan dalam rapat tersebut.
Para konspirator semuanya dieksekusi di Berlin.Suatu usaha untuk membunuh Hitler yang benar-benar nyata dan hampir saja berhasil.


Operasi Valkyrie
Ruang rapat setelah ledakan bom


Pemboman RAF, 25 April 1945
Lokasi: Obersalzberg
Sebagai reaksi terhadap pemboman Amerika di Hotel Milan, Inggris membom Obersalzberg. Hitler di Berlin pada saat itu.

'Serangan' Speers, musim semi 1945
Lokasi: Fuhrerbunker Berlin
Speer mengatakan ia ingin melemparkan gas beracun ke dalam bunker Hitler, namun rencana itu tidak pernah terlaksana.

Hitler tahu banyak pihak yang menginginkan kematiannya sehingga hidupnya seperti seorang yang menderita paranoid. Ia yang memilih sendiri para pengawal pribadinya  dan ia selalu mengandalkan instingnya yang tajam (sehigga ia sering luput dari usaha pembunuhan yang ditujukan kepada dirinya).Atau nasib sudah menentukan garisnya bahwa dia akan mati dengan cara yang dia pilih sendiri....Sekian

Ditulis kembali oleh
Perang Dunia 2

Henki Triswanto

Hanya tertarik pada Perang Dunia 2, apa yang telah saya pelajari,saya share-kan kembali, agar saya mendapat lebih banyak lagi....

Tag : Adolf Hitler
0 Komentar untuk "Usaha-usaha Pembunuhan Yang Ditujukan Kepada Adolf Hitler"

Back To Top