Pertemuan Liga Harzburg (The Harzburg Front 1931)


Pertemuan Liga Harzburg
Adolf  Hitler Berpidato Pada Pertemuan Liga Harzburg 1931
Liga Harzburg adalah perkumpulan sekelompok pengusaha kaya yang berjiwa nasionalis di Republik Weimar Jerman, tujuan kelompok tersebut adalah untuk menggalang kekuatan bersama dalam rangka membujuk Presiden Paul von Hindenburg agar memecat Kanselir Heinrich Bruning. Liga Harzburg mengadakan pertemuannya pada bulan Oktober 1931 di kota peristirahatan Bad Harzburg di Brunswick.
Banyak pengusaha kaya yang berjiwa nasionalis di Republik Weimar Jerman semakin yakin bahwa Kanselir Heinrich Bruning makin banyak mengadopsi prinsip-prinsip sosialisme dalam memutuskan kebijakan-kebijakan dalam pemerintahannya. Kata "Bolshevisme (komunisme rusia)" sering dilekatkan kepada kanselir tersebut. Mereka percaya bahwa Bruning tidak hanya un-Jerman tetapi juga berpotensi mendorong perekonomian Jerman ke arah yang jauh dari ideologi kapitalisme. 

Meskipun mengalami masa-masa kesengsaraan ekonomi pada tahun 1920-an, di Republik Weimar Jerman masih ada beberapa pengusaha yang sangat kaya raya . Mereka adalah orang-orang seperti Alfred Hugenberg, Fritz Thyssen dan Franz Seldte – semuanya anggota liga Harzburg – mereka memiliki uang yang sangat banyak yang mereka percayai dapat digunakan untuk membeli pengaruh politik dan bahkan bisa memecat politisi senior dari jabatannya. Namun, ada beberapa orang penting yang tidak menghadiri pertemuan tersebut salah satu diantaranya adalah Gustav Krupp von Bohlen und Halbach, kepala raksasa industri Krupp (pada saat itu Gustav Krupp belum tertarik akan Partai Nazi karena ia melihatnya sebagai kekuatan yang hanya mengganggu stabilitas negara Jerman.)

Adolf Hitler, bersama dengan beberapa anggota senior dari Partai Nazi seperti Goering, Himmler dan Roehm, juga diundang untuk menghadiri pertemuan Liga Harzburg tersebut yang digelar pada 11 Oktober 1931. Pada saat itu Partai Nazi adalah partai nasionalis yang sedang berkembang pesat di Jerman dan banyak orang kaya yang menghadiri pertemuan tersebut ingin berbagi pandangan-pandangan nasionalis mereka dengan Partai Nazi.

Alfred Hugenberg Pada Pertemuan Liga Harzburg 1931
Pertemuan di Harzburg tersebut juga menarik tokoh-tokoh senior militer, perwakilan dari Bangsawan Prusia, nasionalis sayap kanan dari Liga Pan-Jerman serta para industrialis. Alfred Hugenberg dianggap sebagai orang yang paling senior di liga Harzburg: tidak hanya kaya raya tapi ia juga dianggap sebagai seorang nasionalis yang terkemuka di Jerman. Turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah Presiden Reichsbank (Bank Jerman), Hjalmar Schacht. Dia membuat pidato yang diterima dengan sangat baik karena mengutuk Young Plan dan segala kebijakan ekonomi kanselir Bruning. Schacht mengatakan dengan tepat apa yang ingin mereka dengar dan karena pidato itu diucapkan oleh salah satu ekonom yang paling dihormati di Jerman, mereka berasumsi bahwa apa yang ia katakan adalah suatu kenyataan.

Dalam pidatonya, Hugenberg memperingatkan orang-orang yang berkumpul di Bad Harzburg bahwa Negara Jerman harus diselamatkan dari " bahaya Bolshevikisme" yang dalam pandangannya akan mendorong Jerman ke arah kebangkrutan. Dia menuntut pemecatan Kanselir Bruning dan penyelenggaraan pemilihan umum baru. Ketika Hitler mendapat giliran untuk menyampaikan pidatonya dalam pertemuan tersebut, ia hanya mengulangi dari apa yang telah dikemukakan oleh Hugenberg dan menyimpulkan bahwa bangsa Jerman pada sekarang sudah tiba waktunya unutk memilih antara Bolshevisme atau kebanggaan sebagai bangsa Jerman.

National Socialists (Nazi), the Deutschnationale Volkspartei (German National Peoples’ Party) dan  Stahlhelm Pada Pertemuan Liga Harzburg 1931
Mereka yang hadir pada pertemuan tersebut beranggapan bahwa kekayaan mereka entah bagaimana caranya bisa mempengaruhi arah kebijaksanaan politik. Mereka beranggapan bahwa Presiden Hindenburg akan setuju dengan permintaan mereka agar Kanselir Bruning dipecat dari jabatannya. Namun dalam hal ini mereka salah. Mereka gagal untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan karena dua alasan.

Pertama, Hitler tidak punya keinginan untuk dikaitkan dengan Hugenberg karena ia percaya, dalam hal ini mungkin ia benar, bahwa Hugenberg hanya ingin menggunakan popularitas Partai Nazi (yang sedang populer di mata rakyat Jerman) untuk kepentingannya sendiri agar dia bisa memenangkan pemilihan presiden yang akan datang. Oleh karena itu harapan bagi aliansi nasionalis sayap kanan tidak akan pernah terwujud karena Hitler mulai saat itu percaya bahwa Partai Nazi sendiri bisa menjadi ujung tombak bagi sebuah gerakan nasionalis sayap kanan.

Alasan kedua yang ironisnya adalah melibatkan salah satu industrialis yang sangat kaya di Jerman-Gustav Krupp. Dia adalah teman dari Presiden Hindenburg dan telah menghabiskan banyak waktunya untuk mencoba membujuk Presiden Hindenburg agar tidak menggantikan Kanselir Bruning dengan orang semacam Hitler dan untuk sementara waktu dia kelihatannya berhasil. Asosiasi Hitler dengan Liga Harzburg menjadi sia-sia saja (semua tuntutan mereka akan diabaikan) selama Krupp memiliki pengaruh atas Hindenburg.

Ketika Hitler menjadi Kanselir Jerman, Gustav Krupp mengubah haluannya dan menjadi pendukung yang sangat vokal dari sang Kanselir yang baru tersebut dan memberi sumbangan dana yang sangat banyak untuk Partai Nazi.
Artikel Terkait



Ditulis kembali oleh
Perang Dunia 2

Henki Triswanto

Hanya tertarik pada Perang Dunia 2, apa yang telah saya pelajari,saya share-kan kembali, agar saya mendapat lebih banyak lagi....

0 Komentar untuk "Pertemuan Liga Harzburg (The Harzburg Front 1931)"

Back To Top