Friedrich Pein-Sniper Jerman Peraih Ritterkreuz


Friedrich Pein
Friedrich Pein (20 Oktober 1915 - 14 Februari 1975) adalah seorang sniper Jerman kelahiran Austria yang terkenal pada Perang Dunia 2, dan salah satu dari dua sniper yang telah dianugerahi penghargaan bergengsi Ritterkreuz (Knight's Cross of the Iron Cross / Salib Ksatria dari Salib Besi). Sniper lainnya yang memperolehnya adalah top sniper Jerman Matthias Hetzenauer. ( Sniper Jerman terkenal lainnya, Josef Allerberger juga mengklaim dirinya telah menerima Ritterkreuz , namun tidak ada catatan resmi tentang hal tersebut).

Terlahir sebagai anak petani, Pein terdaftar di Wehrmacht (Angkatan Bersenjata Jerman) pada bulan Oktober 1938. Tugas tempur pertamanya sebagai penembak jitu di kompi 12, Batalyon 3, Resimen Gebirgsjäger ke 143, Divisi Gebirgsjäger (Pasukan Gunung) ke-6, yang bertempur di front timur (Uni Soviet).


Pada awal tahun 1944, ia dianugerahi Iron Cross Kelas 2 pada tanggal 1 Desember, dan delapan hari kemudian dianugerahi Kelas 1.Pada tanggal 28 Februari 1945, ia dianugerahi Ritterkreuz ketika catatan rekornyanya sebagai sniper mencapai 200 kills. Dan musim semi  itu juga , dia dianugerahi Close Combat Clasp.


Selama perang, ia terluka tiga kali sebelum akhirnya ditangkap dan ditahan sebagai tawanan perang Inggris. Setelah dibebaskan ia menjadi pegawai kotapraja Mureck/Styria.  Friedrich Pein meninggal pada tahun 1975.



Penghargaan

• Iron Cross (1939)
o Kelas 2 (1 Desember 1944)
o Kelas 1 (9 Desember 1944)
•Wounded badge in Black and Silver
•Sniper's Badge in Gold
•Knight's Cross of the Iron Cross on 28 February 1945

Ditulis kembali oleh
Perang Dunia 2

Henki Triswanto

Hanya tertarik pada Perang Dunia 2, apa yang telah saya pelajari,saya share-kan kembali, agar saya mendapat lebih banyak lagi....

Tag : Ace, Tokoh Axis
0 Komentar untuk "Friedrich Pein-Sniper Jerman Peraih Ritterkreuz"

Back To Top