Josef Allerberger Peringkat Kedua Top Sniper Jerman Pada Perang Dunia 2


Josef Allerberger
Josef 'Sepp' Allerberger adalah sniper Jerman dari Batalyon ke 11 dari Resimen Gebirgsjäger ke 144 dari Divisi Gunung ke-3 yang bertempur di Front Timur. Dengan rekor 257 kills ia ada di urutan kedua dalam daftar top sniper Jerman
dibawah Matthäus Hetzenauer (345 Kills).

Ia lahir di sekitar Steiermark, Austria, pada 24 Desember 1924, anak seorang tukang kayu lokal. Dikirim ke Front Timur pada Juni 1943 sebagai penembak senapan mesin. Ketika Allerberger mendapat luka ringan di Stavropol, sembari menunggu pemulihan dirinya, ia bereksperimen dengan senapan Soviet yang berhasil direbutnya dari tangan musuh, Mosin Nagant 91/30 senapan dengan teleskop 3.5x . Dengan senapan tersebut Allerberger berhasil membunuh 27 musuh dengan teknik snipernya. 

Akhirnya dikirim untuk pelatihan sniper di Seetaleralpe, dan ia mulai memakai varian senapan Karabiner 98k sniper  dengan teleskop 4x perbesaran.

Mendekati akhir Perang Dunia 2, ia akan
sering menggunakan Gewehr 43 dengan teleskop ZF4 4x perbesaran dan senapan mesin ringan MP40.

Josef Allerberger
Sniper on the Eastern Front
Pada tahun 2005, sebuah buku berjudul Sniper on the Eastern Front: The Memoirs of Sepp Allerberger, Knight's Cross diterbitkan, ditulis oleh Albrecht Wacker berdasarkan wawancara dengan Allerberger.
Dalam buku tersebut juga diceritakan bagainana  tentara Soviet telah melakukan praktek kanibalisme terhadap mayat rekan mereka sendiri.

Menurut memoarnya, Allerberger dianugerahi Knight's Cross of the Iron Cross (Salib Ksatria dari Salib Besi) oleh Field Marshal Ferdinand Schorner, komandan Tentara Angkatan Darat Grup Tengah, pada tanggal 20 April 1945,
meskipun tidak ada dokumentasi atau catatan resmi yang pernah tercatat atas penghargaan itu. Namun, hal ini kadang-kadang terjadi menjelang akhir perang.

Setelah Perang Dunia 2 berakhir , Allerberger bekerja, seperti ayahnya, sebagai tukang kayu. Dia meninggal pada 2 Maret 2010 di Wals-Siezenheim, Jerman.

Ditulis kembali oleh
Perang Dunia 2

Henki Triswanto

Hanya tertarik pada Perang Dunia 2, apa yang telah saya pelajari,saya share-kan kembali, agar saya mendapat lebih banyak lagi....

Tag : Ace, Tokoh Axis
0 Komentar untuk "Josef Allerberger Peringkat Kedua Top Sniper Jerman Pada Perang Dunia 2"

Back To Top