Matthaus Hetzenauer-Top Sniper Jerman Pada Perang Dunia 2


Matthäus Hetzenauer adalah top sniper (penembak jitu) Jerman pada Perang Dunia 2 . Ia lahir pada tanggal 23 Desember 1924 di Tyrol, Austria. Ia bergabung dengan Wehrmacht (Angkatan Bersenjata Jerman) sebagai seorang sniper pada Divisi Gebirgsjäger (pasukan Gunung) Ke-3, yang bertempur di Front Timur. Sepanjang karir bertempurnyanya, Hetzenauer telah memegang rekor 345 Kills.
Matthaus Hetzenauer (1924-2004)
Hetzenauer menjalani pelatihan sniper dari tanggal 27 Maret hingga 16 Juli 1944. Setelah itu ia bertugas pada Divisi Gebirgsjäger Ke-3. Semasa bertugas sebagai sniper, Hetzenauer menggunakan dua jenis senapan. Yang pertama adalah Mauser Karabiner 98 Kurz dengan teleskop yang memiliki lensa pembesaran 6x, dan yang kedua adalah Gewehr 43 dengan teleskop yang memiki lensa pembesaran 4x. Dia bertempur melawan pasukan Uni Soviet di wilayah Carpathians, Hungaria dan Slovakia.

Dalam beberapa kesempatan, ia kerap ditugaskan bersama Josef "Sepp" Allerberger, yang juga seorang sniper Wehrmacht terkenal. Allerberger sendiri juga kelahiran Austria. Mereka berdua telah banyak membunuh tentara Uni Soviet di berbagai pertempuran.Pada tanggal 6 November 1944, ia mengalami luka serius pada kepalanya akibat serangan artileri Uni Soviet, dan dianugerahi Verwundeten-Abzeichen tiga hari kemudian.

Pada tanggal 17 April 1945 Hetzenauer dipromosikan untuk dianugerahi Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes . Ia dipromosikan untuk penganugerahan medali bergengsi tersebut oleh Genaralleutnant Paul Klatt karena rekornya sebagai seorang sniper. Ia juga pernah menaklukan dua kompi musuh yang sangat, tanpa rasa takut akan keselamatannya sendiri di bawah tembakan gencar artileri dan hujan peluru. Rekomendasi tersebut telah disetujui oleh General der Gebirgstruppe Karl von Le Suire dan General der Panzertruppe Walter Nehring.

Hatzenauer akhirnya  tertangkap oleh tentara Uni Soviet pada bulan berikutnya. Dan selama lima tahun ia menghuni kamp penjara Uni Soviet. Setelah dibebaskan, dia pulang ke tanah airnya. Hetzenauer wafat pada tanggal 3 Oktober 2004, setelah beberapa tahun mengalami masalah kesehatan yang semakin memburuk.

Penghargaan militer yang telah diterimanya

  • Iron cross (1939)
  • 2nd Class (1 September 1944)
  • 1st Class (25 November 1944)
  • Wound Badge (1939) in Black (9 November 1944)
  •  Infantry Assault Badge in Silver (13 November 1944)
  • Sniper's Badge in Gold (3 December 1944; penerima satu-satunya)
  • Close Combat Clasp
  • Knight's Cross of the Iron Cross on 17 April 1945 sebagai Gefreiter dan sniper pada      Resimen Pasukan Gunung ke 144

Ditulis kembali oleh
Perang Dunia 2

Henki Triswanto

Hanya tertarik pada Perang Dunia 2, apa yang telah saya pelajari,saya share-kan kembali, agar saya mendapat lebih banyak lagi....

Tag : Ace, Tokoh Axis
0 Komentar untuk "Matthaus Hetzenauer-Top Sniper Jerman Pada Perang Dunia 2 "

Back To Top