Pesawat Ju-52 Melakukan Demonstrasi Terbang Untuk Pertama Kalinya (1930)


Ju 52/3M
Ju 52/3M

Pada bulan Oktober 1930 pesawat Ju-52 yang bermesin tunggal melakukan demonstrasi terbang untuk pertama kalinya dan berlangsung sukses akan tapi menunjukan hasil yang kurang maksimal, kemudian dilakukan perombakan atas pesawat ini dengan menambah 2 mesin lagi pada sayapnya sehingga pesawat ini menjadi pesawat bermesin 3 buah dan disebut Ju-52/3M (motoren).

Ju-52/3M melakukan demontrasi terbang untuk pertama kalinya pada tanggal 7 Maret 1932 dan terbukti pesawat ini punya daya angkat yang bagus sehingga membutuhkan panjang landasan yang lebih pendek.

Berdasarkan Perjanjian Versailles, pesawat ini sebenarnya didesain sebagai pesawat angkut penumpang komersial. Ciri khas pesawat ini adalah penampilan fisiknya yang jelek dengan bentuk moncongnya yang aneh dan badannya yang dibalut dengan lapisan logam yang bergelombang seperti lembaran seng bergelombang.Walau bentuknya jelek tapi pesawat ini benar2 tangguh dan tahan pukul walaupun jalannya lambat sehingga pihak Jerman menyebutnya sebagai Aunty Ju/ Tante Ju.

Ju-52/3M juga menjadi pesawat pribadi yang mengangkut Adolf Hitler dalam kunjungannya ke berbagai daerah Jerman terutama pada tahun2 awal dia berkuasa.

Ju-52/3M menjadi pesawat yang paling terkenal dan di pakai Luftwaffe secara luas selama Perang Dunia 2 karena tidak ditemukan desain baru yang mampu mengungguli ketangguhannya bahkan setelah perang berakhir pesawat ini masih di pakai di berbagai maskapai penerbangan komersial di Eropa sampai era 80-an.


Peranannya Dalam Peperangan


Perang Saudara di Spanyol
Ketika Perang ini pecah pada tahun 1936, Jerman memutuskan membantu pihak Nasionalis dan mengirimkan beberapa pesawat ini ke Spanyol sebagai pesawat pembom dan pesawat angkut yang membawa pasukan nasionalis dibawah Jenderal Franco dari Maroko menuju Spanyol.

Pasukan Nasionalis di Marokko 1936

Perang Dunia 2
Ju-52/3M berperan besar dalam penerjunan pasukan payung Jerman dalam operasi di Belanda (1940) ,Kreta (1941), dan Ardennes (1944). Pesawat ini juga mendrop supply untuk pasukan jerman yang terkepung di medan perang Afrika Utara, Stalingrad dan negara2 Baltik (90 persen operasi pengangkutkan supply dilakukan oleh pesawat ini)
.
Ju-52/3M
Peranan Setelah Perang
Ju-52/3M yang terakhir sebagai bagian Angkatan Udara Swiss mengakhiri masa tugasnya pada akhir 1980-an. Beberapa Ju-52/3M masih terbang sampai sekarang.

Artikel Terkait

Ditulis kembali oleh
Perang Dunia 2

Henki Triswanto

Hanya tertarik pada Perang Dunia 2, apa yang telah saya pelajari,saya share-kan kembali, agar saya mendapat lebih banyak lagi....

Tag : Peristiwa
0 Komentar untuk "Pesawat Ju-52 Melakukan Demonstrasi Terbang Untuk Pertama Kalinya (1930)"

Back To Top