Lahirnya Schutzstaffel (SS)- Pengawal Pribadi Adolf Hitler


Schutzstaffel (SS)
 Simbol Schutzstaffel (SS)
Asal-usul Schutzstaffel (SS) dapat dilacak kembali ke bulan Maret 1923 ketika "Stabswache" (pengawal markas besar partai) diciptakan untuk tujuan melindungi keselamatam Adolf Hitler sang ketua Partai Nazi. Pada bulan Mei 1923 Hitler membentuk unit pengawal baru yang disebut “Stosstrupp Adolf Hitler” (Pasukan Penggempur Adolf Hitler). Komandan "Stosstrupp Adolf Hitler" adalah Josef Berchtold. Unit ini kecil, dengan anggotanya yang tak pernah lebih dari lima puluh orang.

Setelah kegagalan kudeta Beer Hall November 1923, kesatuan SA dan " Stosstrupp Adolf Hitler" dinyatakan sebagai organisasi terlarang . Komandan "Stosstrupp Adolf Hitler" Josef Berchtold, berhasil melarikan diri ke Austria, sementara Hitler dan banyak pengikutnya dipenjarakan di Penjara Landberg.

Stosstrupp Adolf Hitler 1923
Stosstrupp Adolf Hitler 1923
Pada bulan Februari 1925 setelah keluar dari Penjara Landberg, Adolf Hitler mengorganisasi kembali partai Nazi. tetapi satuan SA masih dilarang di negara bagian Bavaria (larangan ini tidak berlaku untuk semua negara bagian Jerman). Saat itu April 1925 Hitler memerintahkan mantan anggota "Stosstrupp Adolf Hitler" Julius Schreck (sopir pribadi Hitler) untuk membentuk sebuah satuan pengawal yang baru. Dua minggu kemudian, Schreck membentuk penjaga markas besar yang baru dan memberi nama "Schutzstaffel" (Satuan Penjaga) atau disingkat "SS."

Awalnya anggota "SS" hanya terdiri dari delapan orang yang sebagian besar adalah mantan anggota "Stosstrupp Adolf Hitler.". Namun Schreck, mempunyai sebuah rencana untuk mendirikan unit "SS" di seluruh Jerman. Sebuah surat edaran sudah dikirimkan pada September 1925 yang menyerukan setiap cabang Partai untuk mengatur pendirian unit baru tersebut.

Stosstrupp Adolf Hitler 1923
Stosstrupp Adolf Hitler 1923
"Schutzstaffel '' akan menjadi suatu pasukan elit berukuran kecil yang terdiri dari sepuluh laki-laki dan dipimpin oleh seorang komandan regu. Anggota pasukan tersebut direkrut dari kalangan pemuda partai Nazi yang terbukti setia dan fanatik kepada Adolf Hitler. Pada Januari 1926, ide dari Schreck tersebut telah diterapkan dan unit-unit "SS" dibentuk diseluruh cabang partai Nazi di Jerman.

Josef Berchtold, mantan komandan “Stosstrupp Adolf Hitler”, kembali ke Jerman dari pelariannya di Austria dan pada bulan April I926 mengambil alih komando" SS "dari Schreck. Pada tanggal 4 Juli 1926, pada rapat akbar Partai Nazi yang diadakan dikota Weimar, Hitler memberikan " Blood Flag " kepada "SS" dan menyatakan "SS" sebagai organisasi elitnya.

Hitler menempatkan Hauptmann Franz Pfeffer von Salomon sebagai komandan SA (Oberste SA-Fuhrer) di seluruh Jerman pada tanggal 1 November 1926 dan menempatkan satuan "SS" di bawah otoritas "Oberste SA-Fuhrer ". Hitler juga setuju kalau Pfeffer memperluas pengaruhnya atas SA diseluruh Jerman Utara. Berchtold mengambil gelar baru yaitu "Reichsführer (pemimpin nasional)-SS" meskipun kekuasaannya semakin dirongrong dengan ditempatkannya satuan "SS" dibawah kekuasaan SA.

Josef Berchtold
Josef Berchtold
Berchlold berusaha agar SS menjadi organisasi independen yang bebas dari campurtangan SA dan juga dari pejabat Partai, tetapi hal ini menjadi semakin sulit ketika keanggotaan SA semakin meningkat jumlahnya jauh melampaui anggota “SS”. Berchtold kemudian mengundurkan diri.

Berchtold mengundurkan diri pada tahun 1927 dan digantikan oleh wakilnya Erhard Heiden. Di bawah kepemimpinan Heiden keanggotaan ini SS menurun dari 1000 sampai hanya 280. Heiden mengangkat Heinrich Himmler sebagai wakilnya. Karir Heiden jatuh dengan munculnya tuduhan bahwa ada bagian-bagian dari seragam SS dikerjakan oleh penjahit Yahudi. Pada 5 Januari 1929 ia diberhentikan oleh Adolf Hitler dan digantikan oleh Himmler sebagai Reichsführer-SS.

Pada bulan Desember I930 keanggotaan SS meningkat menjadi 2.727 orang dan masih berada di bawah komando SA. Ketika SA dan SS ditugaskan bersama-sama, satuan SS selalu ditempatkan di bawah komandan SA lokal. Meskipun SA berusaha keras untuk menekan perkembangan SS ,Heinrich Himmler berhasil meningkatkan jumlah anggota SS dengan membujuk kandidat yang cocok dari SA agar mau bergabung dalam formasi elit SS.

Schutzstaffel (SS)
Schutzstaffel (SS) dengan seragam hitam
Pada tahun 1930, dalam upaya untuk menghentikan perseteruan yang terus menerus antara pemimpin SA dan SS, Adolf Hitler turun tangan dengan memberikan kedudukan SS menjadi independen terlepas dari SA. Meski masih resmi di bawah komando Oberste SA Fuhrer, tidak ada komandan SA lokal yang bisa memberikan perintah kepada SS yang pada waktu itu sudah menerima seragam hitam yang baru, bukan seragam brownshirt lagi yang menjadi simbol dari SA.

Juni 1932 keanggotaan SS meningkat menjadi 30.000 dan pada saat Hitler menjadi Kanselir Jerman pada tanggal 30 Januari 1933, Satuan SS beranggotakan 52.000 orang.

Pada tanggal 20 Juli 1934, SS secara resmi dipisahkan dari SA dan tidak lagi di bawah komando Oberste SA-Fuihrer. Kebebasan penuh dari SA ini diberikan kepada SS oleh Hitler karena kesetiaan mereka dalam menumpas pemberontakan Ernest Rohm (Peristiwa Malam Pisau Panjang). Sejak peristiwa itu peranan SA  tamat riwayatnya dan mulai digantikan oleh SS.

Heinrich Himmler
Reichsführer Heinrich Himmler
Mulai September 1934 Himmler menciptakan pangkat baru '' Reichsführer-SS / Pemimpin Nasional SS '' dengan lencana pangkat yang hanya dipakai olehnya. Para anggota Nazi menganggap SS sebagai satuan elit partai yang para anggotanya dipilih berdasarkan kemurnian ras dan kesetiaan yang sangat tinggi pada Partai Nazi.

Dengan semakin berkuasanya Partai Nazi di Jerman, fungsi-fungsi pemerintahan seperti pertahanan keamanan diambil alih oleh SS, dan banyak organisasi SS yang secara de facto menjadi badan pemerintahan. Untuk mempertahankan kekuatan politik Partai Nazi, SS diberikan wewenang untuk mendirikan dan menjalankan Sicherheitsdienst (SD), yang merupakan badan keamanan dan intelejen partai . Lalu juga Geheime Staatspolizei (Gestapo), yaitu polisi rahasia SS. Semua ini membuat SS jadi bisa berjalan di atas hukum.

Waffen-SS
seorang prajurit Waffen-SS
Antara 1934 dan 1936, SS dibagi menjadi dua sub-unit utama, yaitu Allgemeine-SS / SS Umum (sayap politis SS) dan Waffen-SS / SS Bersenjata (sayap militer SS). Waffen-SS ini lalu berevolusi menjadi tentara Jerman kedua didalam Wehrmacht / Angkatan Darat Jerman, yang sama-sama bertempur berdampingan dengan angkatan darat reguler Jerman. Waffen-SS dikenal akan kemampuan bertempurnya yang mumpuni dan fanatismenya, namun mereka juga terkenal karena kejahatan perangnya terhadap warga sipil dan tahanan perang.
Baca Juga

Ditulis kembali oleh
Perang Dunia 2

Henki Triswanto

Hanya tertarik pada Perang Dunia 2, apa yang telah saya pelajari,saya share-kan kembali, agar saya mendapat lebih banyak lagi....

Tag : Nazi
0 Komentar untuk "Lahirnya Schutzstaffel (SS)- Pengawal Pribadi Adolf Hitler"

Back To Top