SA (Sturm Abteilung)-(1923-1945) Mesin Perang Politik Adolf Hitler


Asal Mula Terbentuknya

SA Simbol
SA Simbol
Kondisi negara Jerman setelah Perang Dunia 1 (1919) sangat kacau. Kondisi perekonomian yang buruk membuat orang sulit untuk bertahan hidup pada masa itu. Banyak rakyat Jerman terutama kaum mudanya yang terbujuk oleh para petualangan politik yang menawarkan harapan dan janji-janji bagi penyelesaian masalah hidup mereka. Komunis, sosialis dan nasionalis saling berebut pengaruh dan membangun kekuatan. Paham komunisme menyebar luas di Jerman, menyusul suksesnya revolusi Komunis di Rusia 1917.

Penyebaran paham komunis di Jerman mendapat pertentangan dari orang-orang Nasionalis, Gereja dan orang-orang aliran sayap kanan lainnya.Tiap hari ada perkelahian di jalanan dan di bar karena masalah perbedaan ideologi dan banyak korban jiwa berjatuhan, Jerman berada dalam bahaya perang saudara. wibawa pemerintah Jerman sudah jatuh akibat kekalahannya dalam Perang Dunia 1.

Orang-orang yang dekat dengan Hitler (closed ring) pada awal berdirinya Partai Nazi adalah orang-orang yang pemberani plus nekad, tukang berkelahi dan fanatik, hal itu sesuai dengan kondisi Jerman yang mencekam pada saat itu. Orang-orang ini semisal Emil Maurice si tukang berantem, Rudolf Hess seorang mahasiswa, Ulrich Graf seorang pegulat amatir. Mereka semua layaknya segerombolan gangster jalanan.

Orang-orang NAZI pada masa-masa awal berdirinya partai itu
Garda depan Partai NAZI pada masa-masa awal berdirinya partai itu

Pada tahun 1921, Hitler yang baru saja menjadi ketua Partai NAZI bersama para pengikutnya, terlibat dalam suatu perkelahian di sebuah bar. Kejadian ini berawal ketika seorang politikus dari pihak lawan berpidato di atas podium bar, Hitler tidak suka dengan apa yang dia pidatokan. Hitler menyeret orang itu dan menghajarnya, pendukung lawannya tidak terima dan maju untuk membela tapi disambut oleh para pengikut Hitler. Dalam waktu singkat terjadi suatu perkelahian massal yang sangat seru dan ajaibnya tak ada korban jiwa dalam perkelahian tersebut.

Pihak keamanan segera datang dan membubarkan perkelahian tersebut, menahan orang-orang yang terlibat dalam perkelahian itu. Hitler dan para pengikutnya di ganjar hukuman tiga bulan penjara. Ketika Adolf Hitler dan para pengikutnya dibebaskan dari penjara, salah satu pengikutnya yaitu Emil Maurice mengusulkan agar Partai NAZI membentuk badan keamanan yang tugasnya untuk melindungi setiap anggota Partai NAZI dan untuk melindungi Hitler sebagai ketua partai dari serangan balas dendam pihak lawan. Unit ini bernama Ordnertruppe (Pasukan Penjaga) dengan ketuanya Emil Maurice .

Emil Maurice
Emil Maurice
Banyak mantan anggota Freikorp yang bergabung dengan satuan ini. Ketika Pemerintah Jerman melarang segala bentuk organisasi paramiliter, Ordnertruppe diganti namanya menjadi Turn-und Sport Abteilung (Sport and Gymnastic Division) sepertinya kata-kata penghalus untuk tukang-tukang kepruk dari sasana olah raga. Mereka bersenjatakan pentungan, pisau belati, knuckle dan ada sebagian menyimpan senapan dan granat di dalam rumahnya.

Pada 4 November 1921 partai Nazi mengadakan pertemuan besar. Sejumlah besar demonstran yang anti Hitler dan anti Partai Nazi tak dapat melakukan gangguan yang berarti terhadap pertemuan besar tersebut karena di usir oleh orang-orang dari Turn-und Sportabteilung. Setelah acara rapat akbar ini, mereka (Turn-und Sportabteilung) mulai dikenal sebagai Sturm Abteilung (Stormtroopers) disingkat SA dan jumlah mereka segera mencapai angka  ribuan. Stormtroopers adalah nama dari pasukan elit Jerman pada Perang Dunia1.

SA (Sturm Abteilung)
SA (Sturm Abteilung)
Mulai saat itu Stormtroopers mengenakan seragam militer mereka sendiri yang terdiri dari kemeja cokelat khaki (oleh karena itu mereka sering disebut "Brown Shirt") dengan kain berswastika melingkar di lengan kiri, celana panjang cokelat khaki dengan sabuk cokelat, sepatu tempur coklat dan topi pet coklat dengan garis merah.

Selain sebagai garda depan partai NAZI ,dalam mengamankan acara rapat/pertemuan partai ,kerjaan utama mereka lainnya adalah: membubarkan rapat-rapat lawan politik NAZI terutama orang-orang dari partai komunis dan sosialis, menculik mereka dan menghabisinya. Sweeping ,berkelahi di jalanan kota dan membuat keributan. Pokoknya semboyan mereka : hancurkan mereka yang menentang Partai NAZI.
Pada Tahun 1922, Emil Maurice di minta oleh Hitler untuk menjadi bodyguard merangkap sopir pribadinya, maka jabatan ketua SA diserahkan kepada Hans Ulrich Klintzsche mantan perwira Angkatan Laut.

Pada tahun 1923 seorang laki-laki yang menarik, Hermann Goering 29 tahun dan berdarah bangsawan bergabung dengan Partai NAZI.  Hermann Goering memulai karirnya pada Perang Dunia I sebagai perwira infanteri tapi segera dipindahkan ke unit yang paling bergengsi, angkatan udara. Memulai tugasnya sebagai penerbang pengintai, pada bulan Oktober 1915 Goering memenuhi syarat untuk menjadi penerbang pesawat tempur. Dia segera menjadi jagoan tempur (ace), mendapat anugerah Pour le Mérite Jerman dan menjadi komandan Skuadron Richthofen, yang legendaris Red Baron Flying Circus, pada akhir Perang Dunia I.

Hermann Goering
Hermann Goering
Hitler sangat senang dengan bergabungnya Goering dalam partai Nazi, mulai saat itu dalam partai NAZI ada pahlawan perang sejati yang dapat mengajak veteran perang lainnya unutk terjun dalam percaturan politik. Goering segera diberi tanggung jawab untuk memimpin unit SA yang baru dirintis di Munich.

Setelah Adolf Hitler gagal dalam kudeta (Munich Beer Hall Putsch) bulan November 1923 dan menyusul penahanannya, keberadaan SA dilarang oleh pemerintah. Untuk mengatasi larangan ini, SA berubah nama menjadi Frontbann. Ernst Roehm yang belum dipenjara tetapi telah diberhentikan dari militer menjadi pemimpin Frontbann tersebut.

Ketika Hitler dibebaskan dari penjara, Roehm yang tidak setuju dengan beberapa kebijakan Partai NAZI menyerahkan kepemimpinan SA kepada Wolf Graf von Helldorf dan tiga tahun kemudian, pada tahun 1928, Roehm beremigrasi ke Bolivia. Sementara itu Hitler juga membentuk pasukan elite sebagai pengawal pribadinya yang mula-mula beranggotakan 100 orang, direkrut dari orang-orang SA yang sangat loyal kepadanya, berseragam abu abu, kemudian hari pasukan ini akan berganti seragam yang berwarna hitam. Pasukan ini dikenal sebagai SS ( Schutzstaffel) / Protection Squadron/ Pasukan pelindung. Pertama kali SS dibentuk hanya beranggotakan 100 orang saja. 

Franz Pfeffer von Salomon
Franz Pfeffer von Salomon
Pada November 1926 Franz Pfeffer von Salomon mengambil alih kepemimpinan SA. Von Salomon ingin meningkatkan kekuatan SA dengan meminta jatah kursi di Reichstag. Hitler menolak SA untuk memainkan peran apapun dalam pemerintahan dan von Salomon mengundurkan diri pada bulan Agustus 1930.

Menjadi Raksasa Liar dan mulai tak terkendali

Pada tahun 1931 Hitler meminta Roehm untuk kembali ke Jerman dan memimpin SA. Roehm setuju dan dengan cepat meningkatkan jumlah keanggotaan SA. Setelah Nazi berkuasa pada tahun 1933, Roehm mulai membuat manuver untuk menggabungkan SA (3 juta anggota) dengan tentara Jerman (100 ribu), dan menjadikan dirinya sebagai kepala pasukan militer di Jerman. Menteri Pertahanan, Werner von Blomberg yang sudah khawatir tentang pertumbuhan kekuatan Roehm dengan SAnya bergabung dengan Heinrich Himmler, Hermann Goering dan Reinhard Heydrich melawan Ernst Roehm. Sebuah berkas disusun yang mengungkapkan bukti bahwa Ernst Roehm diam-diam merencanakan untuk menyingkirkan Partai Nazi dan merebut kekuasaan untuk dirinya sendiri bersama SAnya.

Ernest Roehm
Ernest Roehm
Dihadapkan dengan 'bukti' tersebut, Hitler tidak punya pilihan lain, selain mengambil tindakan yang tegas dan pada 30 Juni 1934 (Malam Pisau Panjang) terjadi peristiwa penghukuman mati secara besar-besaran para petinggi SA.

Setelah Malam Pisau Panjang, SA terus eksis tapi dengan keanggotaan yang mulai berkurang drastis. Banyak pemuda Jerman memilih untuk bergabung dengan tentara reguler atau SS daripada SA. Dengan dipilihnya Hitler menjadi Kanselir Jerman, dia sudah meningalkan cara perjuangan lamanya yang selalu memakai jalan kekerasan, mulai saat itu Hitler tidak membutuhkan kekuatan SA lagi. Hitler lebih tertarik untuk mengembangkan Tentara Jerman Reguler untuk dijadikan mesin perangnya di kemudian hari.

Kiprah SA nyaris tak terdengar lagi sampai ketika pada tahun 1945 Sekutu dan Rusia mulai mengijakkan kakinya di tanah air Jerman. Banyak anggota SA yang bergabung dengan Volkssturm (pasukan pembela tanah air). Dengan kekalahan Jerman pada Perang Dunia 2, organisasi SA dilarang dan dibubarkan oleh pihak Sekutu.

Demikianlah riwayat unit SA, yang pada mulanya terdiri dari sekumpulan orang yang kerjaannya berkelahi di jalanan seperti gangster ini bisa mengantarkan Adolf Hitler menjadi kanselir Jerman dan penguasa di Eropa, menyulut Perang Dunia 2.


Viktor Lutze Pemimpin SA 1934-1943 menggantikan Ernst Roehm


Wilhelm Schepmann Pemimpin SA yang terakhir

Ditulis kembali oleh
Perang Dunia 2

Henki Triswanto

Hanya tertarik pada Perang Dunia 2, apa yang telah saya pelajari,saya share-kan kembali, agar saya mendapat lebih banyak lagi....

0 Komentar untuk "SA (Sturm Abteilung)-(1923-1945) Mesin Perang Politik Adolf Hitler "

Back To Top