8 Langkah Yang dilakukan Adolf Hitler untuk menjadi Diktator Jerman


Adolf Hitler
Adolf Hitler
Setelah dia menjadi Kanselir Jerman pada tahun 1933, Hitler segera mengubah posisinya yang diperolehnya dengan sistem demokratis menjadi suatu sistem kediktatoran.

Langkah-langkah dibawah ini yang mengantarnya menjadi diktator Jerman

1.Kebakaran gedung Reichstag- 27 Feb 1933.

Ketika Gedung Parlemen Jerman sedang terbakar hebat, seorang komunis Belanda yang bernama Van der Lubbe tertangkap tangan sedang memegang korek api dan material pembakar. Hitler menggunakan alasan ini untuk menangkap orang-orang komunis yang menjadi saingan utamanya dan memenjarakan mereka. Hal ini akan mengangkat suara bagi partai Nazi pada pemilu bulan berikutnya. Banyak orang yang berprasangka bahwa orang-orang Nazi sengaja membakarnya dan mengkambing-hitamkan orang-orang komunis. Tapi banyak sejarawan modern cenderung percaya bahwa Van der Lubbe yang menyebabkan kebakaran tersebut, dan Hitler hanya mengambil keuntungan dari peristiwa tersebut.

2.Pemilihan Umum - 5 March 1933

1933 Hitler menyelenggarakan pemilihan umum,ia ingin menarik dukungan penuh dari rakyat Jerman, tapi hanya 44 % yang memilih Partai Nazi. Hal ini menyebabkan Hitler tidak mendapatkan dukungan mayoritas dalam parlemen.Sebagai akibatnya Hitler memenjarakan 81 pemimpin komunis supaya ia mendapatkan suara mayoritas dalam parlemen.

3.Enabling Act - 23 March 1933

Reichstag/parlemen mengadakan voting untuk memberikan kekuasaan penuh kepada Adolf Hitler dalam menjalankan pemerintahannya. Para anggota SA mencegat para wakil di parlemen yang menjadi lawan partai Nazi dan menghajar siapa saja yang berani melawan Adolf Hitler.
The Enabling Act secara legal membuat Adolf Hitler menjadi dictator Jerman, dengan kekuasaan untuk melakukan apapun yang dia suka demi stabilitas Negara Jerman.

4.Kekuasaan Kepolisian- 26 April 1933

Partai Nazi mengambil alih pemerintahan lokal dan kepolisian. Membentuk Gestapo (dinas polisi rahasia) dan orang-orang yang menentang kebijaksaanaan Hitler dan Partai Nazi dianggap sebagai musuh negara dan dikirim ke kamp konsentrasi yang baru saja di buka.

5.Serikat Dagang dilarang- 2 May 1933

Kantor-kantor Serikat Dagang ditutup, uang mereka disita dan para pemimpinnya dimasukan kedalam penjara. Hitler mengganti Serikat Dagang dengan German Labour Front yang merupakan underbow dari partai Nazi. Upah pekerja dikurangi dan hak pemogokan kerja dihapus.Inilah ciri khas Fasisime-Kekuasaan Negara digunakan untuk melindungi kepentingan para pengusaha/industrialis dan pemilik modal.

6.Partai Politik selain Partai Nazi dilarang - 14 July 1933

Hukum yang melarang pembentukan partai politik baru dikeluarkan dan hanya membolehkan satu partai politik di Jerman yaitu Partai Nazi. Semua partai politik yang telah ada dibubarkan dan para pemimpinnya dikirim ke penjara.

7. Night of the Long Knives - 30 June 1934

Satuan SA adalah kumpulan tukang pukul yang di gunakan Hitler untuk mencapai puncak kekuasaannya.Para pasukan SA menjaga keamanan pertemuan dan rapat anggota Partai Nazi dan menyerang para saingannya.Pada tahun 1934 anggota mereka lebih dari 1 juta orang.
Para sejarahwan sering bertanya-tanya, mengapa Adolf Hitler akhirnya melawan SA. Pada tahun 1934 Hitler ada dipuncak kekuasaanya dan segala penentangnya sudah tidak ada lagi. Satuan SA mulai menjadi aib karena sepak terjang mereka yang ganas, dan sudah tidak ada manfaatnya untuk dipertahankan lagi. dan pemimpinya Ernst Roehm selalu berbicara tentang Revolusi dan niatnya untuk mengambil alih Angkatan Perang. Pada tanggal 30 June 1934 dengan kata sandi operasi 'Hummingbird',  Hitler memerintahkan eksekusi mati terhadap para petinggi SA.

8.Menjadi F├╝hrer - 19 August 1934

Ketika presiden Hindenburg wafat, Hitler mengambil alih kekuasaannya dan menjadi pimpinan Angkatan Perang Jerman (sejak itu para tentara harus bersumpah untuk setia sampai mati kepada Adolf Hitler). Kekuasaan sebagai Kanselir dan Presiden Jerman ada dalam genggamannya dan mulai saat itu Adolf Hitler dipanggil "Fuhrer" Pemimpin tertinggi Jerman.

Sumber=www.johndclare.net

Ditulis kembali oleh
Perang Dunia 2

Henki Triswanto

Hanya tertarik pada Perang Dunia 2, apa yang telah saya pelajari,saya share-kan kembali, agar saya mendapat lebih banyak lagi....

Tag : Adolf Hitler
0 Komentar untuk "8 Langkah Yang dilakukan Adolf Hitler untuk menjadi Diktator Jerman"

Back To Top