Bagaimana Adolf Hitler bisa menjadi Kanselir Jerman pada tahun 1933

Adolf Hitler
Adolf Hitler
Kisah mengapa Hitler dapat menjadi penguasa Jerman adalah kisah tentang alasan mengapa orang-orang Jerman kehilangan akal sehat mereka dan membiarkan orang yang dianggap gila ini dapat berkuasa. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

Semuanya ini dimulai sejak tahun 1920-an

1. Kepahitan yang sangat lama.

Banyak rakyat Jerman merasa mereka belum dikalahkan dalam Perang Dunia I dan Perjanjian Versailles sangat menekan mereka dan merendahkan martabat mereka sebagai bangsa Jerman. Kedua hal tersebut sejalan dengan pandangan politik yang diperjuangkan oleh Hitler dan Partai Nazi.

2. Konstitusi yang tidak efektif.

Konstitusi Republik Weimar tidak dapat menciptakan pemerintahan yang kuat dan stabil. Pasal 48 pada konstitusi tersebut membolehkan presiden untuk mengambil keputusan sendiri dalam keadaan darurat dan hal ini sering dilakukan. Parlemen Jerman terdiri dari perwakilan 28 partai tanpa ada suara mayoritas di parlemen sehingga sangat sulit dicapai kata mufakat. Akhirnya parlemen tidak pernah membawa perubahan nasib rakyat Jerman. Ada 20 koalisi dalam pemerintahan dan kabinet tidak dapat bertahan lebih dari 2 tahun. Sistem politik ini membuat hilangnya kepercayaan rakyat terhadap sistem demokrasi.

3. Uang

Dukungan Keuangan dari para pengusaha kaya kepada Adolf Hitler untuk propaganda partai Nazi dan kampanye pemilihan umum.

4. Propaganda

Propaganda Nazi secara besar-besaran yang menunjukan bahwa hanya Adolf Hitler yang bisa menyelesaikan segala masalah yang sedang dihadapi rakyat Jerman.

5. Program Partai Nazi

Salah satu Program Partai Nazi yaitu pembagian kekayaan negara bagi seluruh rakyat Jerman yang mendukung partai Nazi.

6. Penyerangan terhadap partai lain.

Pasukan SA melancarkan kekerasan terhadap kaum Yahudi dan siapa saja yang menentang Adolf Hitler. Banyak saingan politik Adolf Hitler yang bungkam karena takut menjadi korban pembunuhan dan lainnya kabur ke luar negeri. Anggota SA yang tertangkap karena melakukan kekerasan sebagian besar di bebaskan oleh hakim di pengadilan.

7. Kepribadian Adolf Hitler yang luar biasa

Hitler adalah seorang pembicara yang sangat brillian, dan tatapan matanya mempunyai kekuatan yang sangat aneh, seperti mempunyai daya hipnotis sehingga orang yang diajak berbicara dengannya tak punya kekuatan untuk menolak ucapannya. Dia mempunyai kepercayaan bahwa dia dipilih Tuhan untuk menjadi diktator Jerman dan memerintah seluruh dunia.

Hal hal berikut ini terjadi setelah tahun 1929 

8. Depresi ekonomi

Setelah kejatuhan saham Wall Street 1929, Amerika Serikat menarik kembali pinjaman uang yang dipinjamkan kepada Jerman. Ekonomi Jerman runtuh. Angka pengangguran meningkat pesat. Adolf Hitler, yang dianggap bodoh pada tahun 1928 ketika ia meramalkan bencana ekonomi, sekarang mulai dipandang berbeda. Orang-orang mulai mengatakan bahwa jika ia cukup pintar untuk memprediksi depresi ekonomi mungkin dia juga tahu bagaimana cara mengatasinya. Dukungan kepada partai Nazi meningkat dari 12 kursi pada tahun 1928 menjadi 230 pada tahun 1932

9. Partai Nazi menjadi pemenang dalam Pemilu

Kanselir Franz von Papen (yang adalah teman dekat presiden Hindenburg) tidak mendapat dukungan penuh dari parlemen. Presiden Hindenburg dan Kanselir von Papen meminta dukungan Hitler di Parlemen dan menjanjikan dia sebagai wakil kanselir, Hitler menolak dan dia menuntut jabatan kanselir. Presiden Hindenburg dan Kanselir von Papen mengambil resiko dengan mengangkat Hitler sebagai Kanselir Jerman. Mereka berharap bisa mengontrol Adolf Hitler tetapi ternyata mereka salah besar.

Sumber=www.johndclare.net

Ditulis kembali oleh
Perang Dunia 2

Henki Triswanto

Hanya tertarik pada Perang Dunia 2, apa yang telah saya pelajari,saya share-kan kembali, agar saya mendapat lebih banyak lagi....

Tag : Adolf Hitler
1 Komentar untuk "Bagaimana Adolf Hitler bisa menjadi Kanselir Jerman pada tahun 1933"

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Back To Top