Perang Dunia 2-Sebuah Pendahuluan untuk Blog ini


Perang Dunia 2
Perang Dunia 2
Perang Dunia 2 / (WW II) (1939-1945)-merupakan perang terbesar sepanjang sejarah umat manusia. Tak dapat dibayangkan akan terjadi perang seperti itu lagi dalam sejarah umat manusia. Kalau terjadi perang hebat pada jaman sekarang ini pasti hanya akan berakhir dengan suatu perang nuklir. Pada Perang Dunia 2 ini bertarung dua kekuatan aliansi atau gabungan negara adidaya yang saling berbenturan antara aliansi bangsa Jerman, Jepang, Italia berhadapan dengan gabungan negara kuat Inggris, Amerika, Rusia.

Negara Jerman, Jepang, Italia membentuk aliansi Axis/poros sedangkan negara Inggris,Perancis, Amerika, Rusia membentuk aliansi Alley/sekutu.

Faktor-faktor yang menyebabkan Perang Dunia 2

Banyak faktor yang memicu terjadinya Perang Dunia 2 ini, dan sulit menemukan faktor utamanya karena semuanya saling berkaitan, sejarah itu seperti susunan batu-batuan yang membentuk suatu bangunan, jatuhnya suatu batu akan menggeser batu- batu yang lainnya dan akan merubah bentuk bangunan tersebut. Beberapa faktor ini antara lain:

-Tradisi bangsa-bangsa di eropa yang selalu berperang untuk saling menaklukan dan menguasai wilayah musuh yang telah di kalahkannya. Tradisi ini sudah berlangsung selama ribuan tahun, bangsa bangsa di eropa mengalami kejayaan dan kejatuhan melalui peperangan- peperangan yang terjadi di masa itu.
Perang terbesar yang terjadi di Benua Eropa sebelum Perang Dunia 2 adalah Perang Dunia 1 (The Great War) yang terjadi 1914-1919. Perang Dunia 1 tersebut berakhir dengan kekalahan negara Jerman dan penandatanganan perjanjian Versailles 1919. Bangsa Jerman yang merasa tidak dikalahkan dalam perang ini, membawa bara dendam kepada negara sekutu (Inggris dan Perancis) sebagai pemenang dalam Perang Dunia 1. Hal ini menjadi salah satu pemicu bangsa Jerman untuk melakukan pembalasan kepada negara Sekutu.

-Lahirnya Adolf Hitler-Penghasut terbesar sepanjang sejarah ini, seperti menyiramkan bensin ke dalam bara api, ketika ia menghasut bangsa Jerman yang memendam dendam dan amarah terhadap Perjanjian Versailes  yang begitu menekan mereka, ia mengajak bangsa Jerman untuk menginjak-injak isi perjanjian tersebut. Dan hampir semua bangsa demi kejayaan bangsanya, mau menuruti kemauannya untuk diseret kedalam jurang kehancuran Perang Dunia 2. Apakah mungkin Perang Dunia 2 dapat terjadi tanpa adanya seseorang yang bernama Adolf Hitler ? Adolf Hitler sendiri banyak mendapat pengaruh dari diktator Italia, Benito Mussolini unutk menjadi penguasa absolut Jerman. Diktator Italia itu telah membuka matanya sehingga Hitler dapat melihat bahwa kediktoran yang bercorak fasisme dapat  diwujudkan juga di Jerman mulai saat itu. Hanya dengan menjadi penguasa absolut di Jerman, ia dapat mewujudkan ambisi jahatnya menjadi penguasa atas seluruh Eropa.

-Kehancuran ekonomi dunia/jaman depresi besar pada tahun 1929 membawa Adolf Hitler ke puncak kekuasaan Jerman karena banyak rakyat Jerman percaya hanya dia yang bisa menyelamatkan perekonomian negara Jerman. Dan ternyata ekonomi Jerman membaik selama dia berkuasa. 


-Timbulnya paham komunis dan keberhasilan paham tersebut dalam Revolusi Rusia 1917. Komunisme segera menyebar ke seluruh dunia khususnya Jerman dan mendapat pertentangan keras  terutama dari golongan  nasionalis sehingga hal tersebut menaikkan pamor partai NAZI di mata rakyat Jerman.

-Penemuan senjata dan mesin perang yang baru seperti tank, pesawat terbang sayap tunggal, pesawat pengebom, kapal pembawa pesawat terbang dll.

-Di Asia Kemenangan armada perang Kerajaan Jepang atas Rusia pada tahun 1905 semakin meyakinkan mereka bahwa bangsa Barat bisa di kalahkan. Ambisi dari Kerajaan Jepang yang pada saat itu dikuasai golongan militer untuk menaklukan daratan Asia tidak pernah sirna selama ribuan tahun. Kemajuan yang pesat Industri perang Jepang yang membutuhkan bahan mentah dari daratan Asia dan minyak bumi dari Hindia Belanda, sehingga mereka mulai punya impian untuk menendang bangsa Barat dari Asia.

-dan masih banyak faktor lainnya.Tapi yang jelas faktor utama dari Perang Dunia 2, adalah manusia yang satu ini :


Adolf Hitler
Adolf Hitler-dianggap sebagai faktor utama terjadinya Perang Dunia 2


Kronologi singkat Perang Dunia 2

Perang Dunia 2 sebetulnya dimulai jauh hari sebelum perang yang sesungguhnya itu dimulai. Berakar dari tahun 1919 melalui Perjanjian Versailes yang sangat membatasi negara Jerman dalam segala hal dan memaksa negara Jerman melepaskan sebagian besar wilayahnya untuk diserahkan ke negara-negara tetangganya. Bangsa Jerman yang merasa tidak dikalahkan dalam perang ini, perlahan tapi pasti mulai melanggar seluruh point perjanjian ini. Negara Jerman dibawah Hitler dengan partai NAZInya mulai membangun kekuatan militernya, hal ini merupakan suatu pelanggaran terang-terangan terhadap Perjanjian Versailes. Jerman mulai mencaplok lagi wilayahnya yang sudah di serahkan kepada negara tetangganya akibat Perjanjian Versailes. Pihak Sekutu (Inggris dan Prancis) tidak bisa berbuat apa melihat semua kejadian ini di depan matanya. Mereka takut untuk memulai perang kembali, karena masih trauma terhadap akibat yang ditimbulkan oleh peperangan seperti kehancuran kota-kota dan kebangkrutan ekonomi/resesi/depresi perekonomian,mereka masih hidup dalam penderitaan yang di akibatkan oleh Perang Dunia 1 (The Great War).
-1936 Jerman menempatkan personil militernya  kembali di Rhineland (wilayahnya yang berbatasan langsung dengan Perancis dan menurut Perjanjian Versailes harus steril dengan hal-hal yang berbau militer) hal ini merupakan pelanggaran serius dan bisa memicu perang kembali, tetapi pihak Sekutu tidak bisa berbuat apa-apa.
-1938 Jerman mencaplok Austria dan menyatukannya dengan Jerman.
-Maret 1939 Jerman mencaplok Cekoslovakia dengan damai .
-Pada 1 September 1939 Jeman menyerang Polandia tapi kali ini sekutu tidak tinggal diam, Inggris dan Prancis yang telah bersumpah untuk menjadi pelindung Polandia  (Amerika bersikap netral) segera menyatakan perang terhadap Jerman dan sekutu Italia, maka meletuslah Perang Dunia 2.

Setelah menduduki Denmark, Norwegia, Belgia, Luxemburg, Belanda, Perancis 1940, Jugoslavia, Yunani (April 1941), Pada bulan Juni 1941 Jerman menginvasi Rusia sehingga medan pertempuran meliputi seluruh benua Eropa kecuali Spanyol, Portugal dan Turki.

Jepang mengobarkan Perang Dunia 2 di Asia dan Pasifik.

Jepang yang selama ini menjadi pengamat dan melihat arah angin peperangan berpihak kepada Jerman. Segera melaksanakan impiannya menendang bangsa barat dari Asia. Amerika yang menduduki Philipina harus dilumpuhkan armada perang lautnya yang berpangkalan di Pearl Harbor Hawaii. Desember 1941 Jepang menyerang Pearl Harbor dan menyatakan perang terhadap Amerika. Sebagai anggota blok Axis (pakta tiga negara) , Jerman segera menyatakan perang terhadap Amerika (Sebetulnya Jerman tidak tahu pasti bagaimana bentuk peperangan terhadap Amerika, Jerman tahu kalau Amerika yang selama ini bersikap netral tetapi diam-diam membatu Inggris dan Rusia, cepat atau lambat Amerika akan terjun juga dalam peperangan ini secara terang-terangan dan pihak Jerman mendahuluinya dengan menyatakan perang terhadapnya).
Dengan demikian perang ini menjalar ke seluruh dunia dan disebut Perang Dunia 2. Perang ini merengut paling tidak 50 juta jiwa manusia yang mana separuhnya merupakan personil militer. Perang ini berakhir dengan menyisakan kehancuran kota besar maupun kecil terutama di benua Eropa.

Sejarah Pasca Perang Dunia 2

Usaha pihak sekutu yang terjun dalam perang ini untuk menghentikan kediktatoran NAZI Jerman di bawah Hitler malahan memunculkan kekuatan dunia baru yaitu Komunis Rusia (Uni Soviet), di Asia Timur muncul kekuatan baru yaitu Komunis Cina (RRC), maka setelah perang ini berakhir dimulailah Era Perang Dingin (COLD WAR). (COLD WAR 1947-1991) adalah sebutan bagi suatu periode terjadinya ketegangan politik dan militer antara Dunia Barat, yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya, dengan Dunia Komunis, yang dipimpin oleh Uni Soviet beserta negara-negara satelitnya yang membentuk aliansi Pakta Warsawa. Perang intelejen antara CIA vs KGB, Perang antara paham Demokrasi Barat melawan Komunisme. Tapi akhirnya, seperti kita yang alami sekarang, paham komunisme di Eropa runtuh dan dunia sekarang berada dalam dominasi Amerika Serikat dan sekutu Baratnya  .

PERANG DUNIA 2 dan SEJARAH BANGSA INDONESIA

Dampak lainnya dari berakhirnya Perang Dunia 2 ini adalah : banyak bangsa jajahan bangsa Eropa, satu persatu mulai melepaskan diri dari ikatan penjajahannya dan menyatakan kemerdekannya sendiri. Fakta menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang pertama kalinya memproklamasikan kemerdekaannya setelah perang besar ini berakhir. Menjelang berakhirnya kekuasaannya, bala tentara Jepang memberikan pelatihan militer kepada pemuda-pemuda Indonesia. Setelah Jepang menyerah kalah kepada sekutu, bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya sendiri dan mempertahankannya dengan kekuatan senjata terhadap pihak sekutu yang dipelopori oleh Belanda untuk mengambil alih kekuasaan Indonesia dari tangan Jepang. Tapi bangsa Indonesia bukan bangsa yang bodoh lagi, karena sudah mendapat pelatihan militer dari Tentara Jepang, bangsa Indonesia bisa mengangkat senjata melawan Sekutu sehingga mengakibatkan perang yang berlarut-larut. Pihak Sekutu yang sudah capai dan mengalami kebangkrutan ekonomi akibat Perang Dunia 2 terpaksa merelakan melepaskan negara-negara bekas jajahannya yang menuntut kemerdekaanya sendiri. Tak ada lagi peperangan dan penjajahan diatas muka bumi, dunia memasuki jaman baru dimana semua bangsa sekarang duduk sama rendah berdiri sama tinggi dan tergabung dalam badan yang bernama Perserikatan Bangsa-Bangsa/United Nation (UN). Semuanya itu akibat Perang Dunia 2.
Kalau negara Jerman di bawah Adolf Hitler dengan partai NAZI-nya tidak mengobarkan Perang Dunia 2, kekaisaran Jepang tak mungkin cari gara-gara terhadap kekuatan Sekutu yang bercokol di Asia Timur. Tanpa kedatangan bala tentara Jepang dan mengusir Belanda dari Hindia Belanda, bangsa Indonesia tak mungkin menang kalau mengangkat senjata melawan penjajah Belanda pada waktu itu. Tak dapat kita bayangkan tahun berapa dan bagaimanakah bangsa Indonesia dapat memperoleh kemerdekaannya. Setelah Perang Dunia 2 berakhir, giliran bangsa kita yang berperang melawan Sekutu (yang telah mengalahkan Jerman dan Jepang dan ingin mendirikan pemerintahan Hindia Belanda lagi), dalam  suatu perang yang kita sebut sebagai Perang Kemerdekaan. Dan akhirnya bangsa Indonesia bisa membuat Sekutu angkat kaki dari bumi Indonesia.
Inggris kita linggis,Amerika kita setrika (semboyan perjuangan nasional ajaran dari tentara Jepang). Salam Merdeka.

Ditulis kembali oleh
Perang Dunia 2

Henki Triswanto

Hanya tertarik pada Perang Dunia 2, apa yang telah saya pelajari,saya share-kan kembali, agar saya mendapat lebih banyak lagi....

Tag : Artikel
1 Komentar untuk "Perang Dunia 2-Sebuah Pendahuluan untuk Blog ini"

SanaDomino Menyediakan 7 permainan Dalam 1 Website :
~ Bandar Poker
~ BandarQ
~ Poker
~ Domino
~ Capsa Online
~ AduQ
~Sakong
Minimal deposit hanya Rp 20.000
Bonus-Bonus Menarik Yang DI Berikan SanaDomino :
* Bonus Refferal 20% Seumur Hidup
*Bonus Casback 0,3/0,5%
Ayo buruan daftar kan diri anda sekarang juga
Silahkan Klik link di Bawah Untuk Mendaftar :
http://www.sanadomino.com/Register.aspx?ref=lisalu88
Untuk Info Keterangan Lebih Lanjut Silakan Hub :
Cs sanadomino
BBM : D86E8C7A 24 Jam Online
Layanan Tercepat, Proses Deposit & Withdraw Tercepat !!!
Kami Memprioritaskan Kenyamanan Member.
raja poker

Back To Top